Home   History

History

“ RIWAYAT SEKOLAH TKK DAN SDK  CIREBON di JAMBLANG ”

 

Dahulu pada jaman Belanda sudah didirikan Yayasan Klenteng “ Hiang Gie Hwee “ oleh Oeiy Tiam Seng dengan   pangkat Luitnan , pada waktu itu keuangan Klenteng Jamblang dipegang oleh  Luitnan Oeiy Tiam Seng dan Tan Kong Lim.

 

Meja belajar dan papan tulis sekolahan dibuat oleh Oeiy Tiam Seng dan Tan Kong Lim  sebagai milik Yayasan  Hiang Gie Hwee ( Sekarang Dana Setia Bakti ).

Luitnan Oeiy Tiam Seng, pada tahun 1895 menyumbang  Tanah seluas 8 hektar tanah untuk masyarakat Jamblang, tanah tersebut dipergunakan untuk pemakaman, termasuk Gedung Sekolah  yang ada di depan Jalan raya Niaga II Nomor 560 Jamblang.

 

Sekolah tersebut bernama  A.I.V.S ( Alvening Indoesia Volfe School ).  Ketika Jepang masuk ke Indonesia  Sekolah A.I.V.S  di tutup, dan pada tahun 1946 sampai 1947 terjadi pergolakan Belanda dengan Jepang, sekolahan menjadi tempat pengungsian dari daerah Rajagaluh dan Arjawinangun. Sekalipun untuk pengungsian pada waktu itu semua peralatan meja ,kursi papan tulis masih utuh.

 

Kelangsungan Sekolah A.I.V .S bubar dan pada tahun 1949 sebagai penerus sekolah A.I.V .S didirikan Sekolahan bernama Tiong Hwa Hwee Koan  sampai dengan  1956 kemudian diambil alih  dan diteruskan menjadi Sekolah Rakyat Kristen yang managemennya masih dipegang  Yayasan Klenteng Jamblang, pada  tahun 1960 berubah nama menjadi  BPK. sejak tahun 1960-1970 Defisit anggaran ditanggung Yayasan Klenteng Jamblang.

 

Mengingat administrasi keuangan tidak boleh dicampur dengan yayasan Klenteng Jamblang, maka pada tahun 1970 difisit yang ditanggung Yayasan Klenteng Jamblang  sepenuhnya dioper alih oleh BPK  KPS Cirebon yang pada waktu itu Pendeta Seng Liong , KPS diganti oleh  Paulus Aneng Wijaya sekaligus mengibarkan bendera BPK  KPS Cirebon  sampai pada hari ini.

Konsekuensinya Tan Koen Gwan   waktu itu sebagai Pengurus KPS di Jamblang langsung diberhentikan dari kepengurusan.  Sosok Tan Keon Gwan adalah figur yang langsung berhadapan dengan realita posisi SDK  Jamblang yang sesungguhnya, harus menerima kenyataan, Tan Keon Gwan selaku hamba Tuhan dalam melayani suatu pelayanan, memahami bahwa Pelayanan perlu Pengorbanan karena cara pandang  manusia,  dimata Tuhan tentu berbeda.

 

Pada tanggal , 1 Agustus 1961 menerangkan PH BPK  menyelenggarakan  SD.Kristen di Jamblang.  Yang ditetapkan  Jakarta, 15 Oktober 1996 dan ditandangani Oleh  Pengurus PH BPK  Drs. Rudy Koesnadi (almamater SDK Jamblang) sebagai ketua umum dan drg. Irwan Taher  sebagai sekretaris umum, dan dikukuhkan pada tanggal 1 Agustus 1962 oleh BPK  KPS Cirebon dengan tanggal penetapan “ Cirebon, 6 Januari 1993” ditandatangani oleh Bpk.Michael Susanto sebagai ketua.

 

Diperkuat dengan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon Nomor 425.11/1458.f/ Diksar/ 2002 Tentang ( Pemutihan ) Persetujuan Pendidikan Sekolah Dasar Kristen BPK  dengan memutuskan memberi Persetujan Pendirian Sekolah pada nama lembaga Yayasan Badan Pendidikan Kristen  untuk mendirikan SD.Kristen BPK   di Jamblang Kecamatan Klangenan  sekarang Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon. Pada waktu itu di proses oleh Bpk Sudarman selaku Kepala Sekolah.

 

Jenjang Akreditasi dari Status “DIAKUI’ sampai dengan piagam jenjang akreditasi nomor 1128/I.02.6/Kep/DS/1997 tanggal 1 Desember 1997 dengan Status ‘DISAMAKAN’

Ditilik dari Historis SD .A.I.V.SSD. Tiong Hwa Hwee Koan, Sekolah Rakyat Kristen sampai

perjalanannya sekarang bernama SDK. Jamblang, dari mulai menggunakan  fasilitas bangunan milik Yayasan DSB sampai memiliki bangunan sendiri, selalu mengalami Difisit begitupun TK.Kristen  yang sekarang masih menggunakan fasilitas milik Yayasan Dana Setia Bakti (dahulu Hiang Gie Hwee).

Pembangunan SD Kristen menjadi milik BPK  karena peran sertanya para alumnus  dengan rasa kebersamaan  menghimpun dana yang dikelola BPK  untuk kelangsungan SD.Kristen Jamblang.

Pada tahun  antara 2006- 2007 TKK dan SDK BPK  Cirebon di Jamblang, bagai Bahtera terombang-ambing ditengah Samudera angin ribut dan gelombang menderanya, sempat akan ditutup oleh Pengurus BPK  Setempat Cirebon,yang diketuai oleh Ir.Ina Setiabudi, karena katanya Defisit yang tidak bisa ditanggulangi,   dan pada waktu itu Kepala sekolah dipimpin oleh Bapak G.R.H. Kawarta, tahun 2008 tepatnya tanggal 17 Nopember penggantian Kepala Sekolah dari bapak G.R.H. Kawarta ke Ibu Sri Sumarsih sebagai Kepala Sekolah  sampai sekarang.

 

Berkat pergumulan tokoh masyarakat Jamblang, Guru Karyawan, Siswa-siswi , orang tua dan Almamater, tangan Tuhan bekerja meredakan angin ribut dan gelombang, atas kebesaran dan kemuliaanNya, Puji Tuhan penutupan sekolah ditangguhkan, bahkan dalam Kepengurusan sekarang telah dibangun Ruang Kepala sekolah, Ruang Tata Usaha, Ruang Guru, Ruang Perpustakaan dan ruang Komputer. Terima kasih  Tuhan atas penyertaannya melalui Kepengurusan Periode 2010-2014, yang diketuai oleh Drs.Benjamin Setiabudi, Apt.

 

Program kerja kepengurusan 2010-2014 terus ditangani oleh bapak Drs. Benjamin Setiabudi, Apt tahun pelayanan 2014-2018 dengan merenofasi bagunan sekolah TKK PENABUR Jamblang, kelas yang kumuh sekarang jadi bersih dan terawat, Ruang Kepala Sekolah, Ruang Perpustakaan, Aula, Ruang UKS, Ruang serbaguna.

 

Kekuatan Doa dan Pertolongan Tuhan sejak berdirinya Sekolah dari tahun 1961 dilandasi Visi dan missi Pelayanan dalam P.I. melalui media Pendidikan membangun ilmu dan Iman Kristiani , terbukti dengan  banyak  berdirinya bangunan Gereja di Jamblang dan para alumnus yang berhasil dalam karirnya,  ini semua bukan saja karena  SDM guru-gurunya  tetapi juga adanya suatu bangunan dan sarana lainnya sebagai sarana pembelajaran.

 

Riwayat ini berdasarkan dari para Alumni  A.I.V.S. SD  Tiong Hwa Hwee Koan, Sekolah Rakyat Kristen, Kepala sekolah.

 

Terima kasih kepada bapak Tjoenarto , Drs. Benjamin Setiabudi, Apt dan pihak Klenteng Jamblang  sebagai nara sumber sehingga tertuangnya Riwayat SD Kristen Jamblang.

 

 

Sumber : Willy A.P